Yuk, Kenalan Dengan SEO

Yuk, Kenalan Dengan SEO

Ganteng, pintar dan kaya adalah atribut dambaan seorang cowok. Jika kamu gak setuju sama kalimat yang barusan itu, berarti kamu berasal dari Planet of the Apes (haaah!???). Ganteng atau biasa-biasa aja itu memang sesuatu yang given. Dari pabriknya sudah begitu. Tapi pintar dan kaya itu soal pilihan. Mau pintar ya belajar yang rajin. Mau kaya? Ya usaha donk...

Hei, kamu bukannya mau nulis soal SEO? Oke, oke. Sebetulnya guyonan tadi itu cuma analogi. Banyak orang punya website atau blog yang bagus tapi cuma sedikit orang yang tau. Lha gimana orang lain tau kalo gak dikasih tau? Kalo pun ngasih tau tetangga, teman atau saudara, berapa banyak sih di antara mereka yang mau kunjungin blog kamu? 5, 10, 20?

Kalo mau situs atau blog kamu dikunjungi ratusan, ribuan bahkan jutaan orang, kamu perlu bantuan search engine, mesin pencari di Internet. Makanya, baik-baiklah bergaul sama mbah Google, tante Yahoo! atau oom Bing. Merekalah yang bisa ngasih tau ke banyak orang kalo di Internet ada situs kamu yang cakep itu...

Oke, sekarang kita mulai serius...

SEO atau search engine optimization adalah teknik yang digunakan agar nama situs atau blog kita muncul di halaman awal hasil pencarian (search engine result page atau SERP) ketika pengguna mencari kata kunci (keyword) tertentu. Yang dimaksud "halaman awal" adalah halaman 1, 2 dan 3 (lebih dari itu, percayalah, orang males membukanya...). Sebuah survei tentang perilaku orang di search engine menunjukkan hal itu. Jadi, jika situs web kita munculnya di halaman 4, 5 dan seterusnya, itu sama aja "gak keliatan"....he-he-he.

Emang apa untungnya muncul di halaman awal? Pertanyaan itu mirip dengan: apa untungnya sering muncul di TV? Atau: apa enaknya jadi cowok ngetop di sekolah? Jawabannya: orang terkenal banyak temennya, orang terkenal banyak ordernya...wkwkwk.

Contoh kongkritnya begini. Kamu punya usaha kaos sablon manual yang bersedia menerima order satuan via Internet. Biar semakin banyak orang tau, kamu promosikan usaha kamu itu lewat situs web yang kamu buat sendiri. Bagaimana caranya biar nama situs kamu muncul waktu orang mencari "kaos sablon satuan" di Google? Dengan teknik-teknik SEO, kamu bukan cuma bisa membuat nama situs itu muncul di halaman pertama Google, bahkan bisa nembuatnya nangkring di posisi paling atas. Kalo sampe terjadi yang seperti itu, percayalah, orang-orang yang mencari "kaos sablon satuan" pasti akan mengunjungi situs kamu. Makin banyak pengunjung, makin besar peluang kamu dapat order, 'kan?

Kata atau frasa yang diketik orang di search engine adalah keyword. Mesin pencari seperti Google memiliki database raksasa yang berisi milyaran indeks halaman web menurut kata kunci yang ada di dalamnya. Bagaimana Google, Yahoo atau Bing menentukan ranking sebuah situs ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya ya keyword itu tadi. Faktor-faktor inilah yang berusaha dioptimalkan melalui SEO dan akan aku jelaskan pada kesempatan lain. Stay tuned!



***

Artikel Lainnya: